Cara Membuat Form Login dengan PHP tanpa Database

Membuat Form Login dengan PHP tanpa Database - Bulan Oktober lalu sewaktu beberapa anak sekolah menengah jurusan komputer magang dan ditempatkan pada ruangan saya, mereka diberi tugas akhir sebagai bahan penilaian oleh gurunya. Tugas mereka adalah
menganalisa sistem yang sedang berjalan di kantor dan mengembangakan serta menerapkan dalam format komputerisasi.

Namun karena masih bingung dengan tugas yang diberikan oleh guru, mereka sering bertanya kepada saya tentang cara mengerjakana. Sampai-sampai saya dibuat sibuk untuk menjawab pertanyaan mereka yang polos dan kadang lucu. Mereka tertarik untuk mengembangka sistem informasi absensi berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan manajemen database MySQL.

Untuk itu mereka pun mulai mengerjakan dengan mendesain tampilan awal form login. Namun bingung dengan penggunaan database-nya nanti. Untuk itu saya pun menyarankan mereka untuk mencoba membuat form login dengan PHP tanta Database. Kira-kira bisa tidak ya? Kalau tidak menggunakan database, pasti mudah dibobol karena kodenya langsung disematkan pada halaman PHP.

Untuk mengakalinya, digunakan metode enkripsi MD5 lewat fungsi bawaan PHP agar kode password yang tersimpan pada halaman PHP tidak mudah diketahui. Namun resiko pembuatan form login PHP tanpa menggunakan Database adalah: user name dan password tidak dapat di-ubah lagi ketika file login PHP telah ditempatkan di server hosting. Cara mengubahnya ialah dengan mengubah koding file PHP tersebut, ribet memang. Namun mudah untuk proses pengerjaannya.
Form login PHP
Form Login PHP

File PHP yang harus dibuat

Beberapa file yang akan diciptakan untuk membuat form login PHP tanpa Database adalah sebagai berikut:
  • pass-converter.php
  • index.php
  • login.php
  • logout.php
  • style.css


Alur eksekusi aplikasi ini PHP ini adalah sebagai berikut: Ketika user masuk ke situs (contoh http://localhost/kasuariweb/) secara otomatis web browser akan membaca file default yang biasanya diberi nama index.php.

Ketika script index.php dibaca oleh web server terdapat gate kondisi yang menghasurkan session user_login memiliki nilai, maka halaman index.php akan secara langsung diarahkan ke halaman login.php.
Login tanpa database
Login Tanpa Database

Pada halaman login.php, jika user memasukkan data dengan benar maka secara otomatis script akan memuat halaman index.php dengan status session yang terdaftar dengan nama user. Dapat digambarkan dalam penjelasan berikut:
index.php-->login.php-->index.php-->logout.php-->login.php


Sedangkan halaman konversi password hanya merupakan tool tambahan sebagai contoh dalam pembuatan password baru sesuai dengan keinginan anda. Untuk menyematkan password yang anda inginkan, silakan proses katakunci yang mudah anda ingat lalu copy hasilnya dan salin pada halaman pass-converter.php pada baris ke-21, dimana terdapat hastag komentar keterangannya.
Form PHP database
Konversi Password Login

Link Download File Login Tanpa Database

Untuk download lengkap berkas file Form Login PHP tanpa Database ini, silahkan anda klik pada link berikut ini:

Jika terjadi permasalahan pada saat menjalankan aplikasi ini, atau ada beberapa hal yang kurang jelas dalam implementasi script PHP sederhana ini, silakan anda tinggalkan komentar di akhir tulisan ini.

18 Comments

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

  1. kalau misalnya mau bikin web report bisa ga ya pake php gitu gan ? soalnya saya kurang paham mengenai coding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas gan, biasanya untuk report produk hasilnya adalah pdf. Agan mau coba buat laporan gimana? Biar langsung saya buatkan tutorialnya.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. koq g bisa ya gan ...??? pas login php nya , g bisa masuk login

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa, di web server saya berhasil jalan kok. Agan pakai web server apa?

      Delete
  4. ngedit dan menganti pass dan user login tnpa data base ny dmn gan ? pliss soalnya ada tugas nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download aja pada tombol di atas gan

      Delete
    2. Di file "chek login php" tinggal edit gan

      Delete
  5. ini user ama password mana woy ?
    kgk dijelasin yg mana user ama password -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih untuk koreksi anda. Sepertinya saya lupa menjelaskan secara lebih terperinci tentang cara penggunaanya.

      Untuk user anda dapat memasukan admin sedangankan passwordnya anda bisa buat sendiri melalui file pass-converter.php

      Contoh, jika anda menaruh file-file yang telah anda download tadi pada file c:\xampp\htdocs\tugas, maka untuk mengakses pass-converter.php anda dapat mengetikkan alamat pada address bar browser sebagai berikut: http://localhost/tugas/pass-converter.php

      Masukkan password yang anda kehendaki lalu proses untuk mendapatkan kodenya. Kode yang anda dapatkan tadi selanjutnya dicopy dan di-paste pada file login.php pada baris ke-21 menggantikan kode '65ec4584652967f8309f4137dd3851a6'

      Dengan demikian untuk dapat login, anda cukup mengetikkan almat http://localhost/tugas/login.php, masukkan user admin dan password yang telah anda buat tadi (bukan kodenya).

      Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan lagi

      Delete
  6. kasih cotoh ga bisa d dwonload d filenyA

    ReplyDelete
  7. Gan mohon pencerahan :)
    Setelah login muncul pesan seperti ini
    Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/montezfu/public_html/coba/login.php:17) in /home/montezfu/public_html/coba/login.php on line 23

    Kenapa ya gan ? Tk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada file login.php, masukkan fungsi PHP ob_start() di baris pertama. Lalu pada baris terakhir file tersebut, masukkan fungsi ob_end_flush().

      Jika sudah, silahkan sampaikan bagaimana hasilnya gan.

      Delete
  8. Pagi gan, ok aku coba ..
    Nanti aku kabarin hasilnya. Terima kasih banyak gan ...

    ReplyDelete
  9. Gan , cara nambah user gimana yah ?

    ReplyDelete
  10. Gan cara tambah user gimana yah?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form