Download Antivirus Terbaik Untuk Komputer Anda

Download Antivirus Komputer Terbaik - Seringkali saya jumpai beberapa pengguna yang menginstall beberapa aplikasi sekuriti antivirus pada komputer dan akhirnya mengeluh karena kinerja komputer terasa lambat.

Tujuan dari memasang aplikasi antivirus memang baik untuk mengamankan data dan informasi yang di simpan pada komputer. Namun jika akhirnya hanya membebani performa komputer karena keterbatasan sumber daya pengolahan maka sebaiknya anda perlu untuk merubah pola pengamanan data yang seperti ini.

Pada beberapa kasus, seringkali ditemui terjadi kesalahan pembacaan file sistem akibat penggunaan beberapa aplikasi antivirus sekaligus dalam satu komputer. Antivirus yang satu membaca file sistem antivirus lainnya sebagai file berbahaya yang harus diamankan.

Download Antivirus
Download Antivirus Komputer Terbaik

Apakah Ada Satu Antivirus Komputer Yang Mampu Melindungi Data Menyeluruh?

Sebagai seorang database admin pada sebuah perusahaan, saya mengoperasikan beberapa server yang menampung data untuk diproses setiap harinya agar menjadi informasi yang berharga. Beberapa server menggunakan sistem operasi UNIX dan beberapa lainnya menggunakan Microsoft.

Untuk pengamanan data pada server Microsoft OS, saya mempercayakan satu aplikasi antivirus komputer terbaik milik Microsoft. Tapi mengapa harus Microsoft? Alasannya cukup klasik, saya berfikir bahwa pihak perusahaan pemilik sistem operasi ini tentunya sangat paham dengan produk yang mereka kembangkan dan menjaga kwalitas produksinya dengan pengamanan yang super canggih dan terupdate rutin.

Benar saja demikian, pasalnya antivirus yang saya gunakan ini selalu me-request update antivirus otomatis hampir setiap minggu secara rutin dan teratur. Ukuran file update antivirus manual yang harus di-download lumayan besar, sekitar 120-an MB untuk update terakhir ketika artikel ini dipublish.

Selama menggunakan produk antivirus komputer ini, sistem pengamanan pada server cukup terkendali karena setiap file yang hendak dipindahkan ke dalam media penyimpanan akan selalu di-cek keamanannya sebelum diproses.

Download Antivirus Komputer Terbaik

Apabila anda masih menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 7 ke bawah maka anda perlu mengunduh antivirus komputer ini melalui situs resmi mereka di link: Download Antivirus Komputer Terbaik dari Microsoft

Namun jika anda telah menggunakan sistem operasi Microsoft Windows versi 8 ke atas, aplikasi antivirus ini telah disematkan dalam bundle aplikasi bawaan pada saat anda menginstal sistem operasi di komputer anda. Dapat anda temukan pada Control Panel dengan nama Windows Defender. Pada versi OS sebelumnya, Windows Defender hanya terbatas fungsi sebagai antispyware.

Setelah proses download antivirus dari link di atas telah selesai dan telah berhasil menginstal aplikasi antivirus komputer ini, maka yang perlu anda lakukan adalah mengaktifkan sistem protect realtime dan secara teratur mengupdate database engine dari antivirus ini.

Untuk update engine secara rutin bisa dilakukan langsung melalui menu kendali pada aplikasi antivirus komputer tersebut. Namun saya lebih menyarankan untuk download manual file update jika kecepatan koneksi internet yang anda gunakan tidak begitu baik. File update manual yang anda butuhkan dapat diperoleh melalui situs resmi pada link: Download Update Antivirus Komputer Microsoft.

Update Antivirus
Update Antivirus anda secara teratur

Pencegahan Serangan Virus Komputer

Setelah komputer anda telah ter-install antivirus Microsoft ini, bukan berarti bahwa keamanan komputer anda telah 100% terjamin. Anda perlu juga untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi karena ketidakpahaman tentang sifat virus komputer yang seringkali berkamuflasi atau bersembunyi secara terenkripsi di dalam file berkas yang anda kelola.

Pastikan media penyimpanan data portabel yang anda akses melalui koneksi USB ke komputer anda telah ter-scan oleh antivirus sebelum anda mengakses file yang tersimpan di dalamnya. Jangan membuka (mengklik double) pada file atau folder yang anda curigai sebagai virus. Biasanya beberapa virus menggunakan nama file yang menarik dan mengundang klik dari pengguna.

Jangan membuka dan menjalankan file batch program yang seringkali digunakan oleh virus sebagai script auto yang bisa saja berisi perintah penghapusan file penting pada sistem operasi Windows anda. Sringkali file batch ini tidak dapat dideteksi oleh antivirus(manapun) karena tidak dianggap berbahaya dan hanya berisi script perintah (bukan aplikasi).

Demikian informasi tentang cara Download Antivirus Terbaik untuk Komputer Anda beserta beberapa tips singkat dalam mengamankan data dan informasi berkas pada sistem komputer anda. Semoga dapat bermanfaat dan jika anda mengalami kendala dalam topik ini ataupun hendak memberik kritik dan saran maka silahkan memberi komentar pada bagian akhir artikel ini.

2 Comments

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Artikelnya sangat bermanfaat Mas...
    BTW iklannya kok selalu relevan yah...
    sekarang iklannya antivirus... :D

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form