Cara Cek Tagihan Listrik Perbulan

Cek Tagihan Listrik Perbulan - Kini sebelum menuju loket pembayaran listrik, anda dapat terlebih dahulu mendapatkan informasi jumlah tagihan rekening listrik. Caranya mudah, cukup dengan mengisi form di bawah ini maka informasi tagihan rekening anda dapat terlihat.

Cara Cek Tagihan Rekening Listrik

Untuk menggunakan fitur pengecekan tagihan rekening listik online ini, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Masukkan Nomor Rekening Pelanggan pada field ID Pelanggan pada Form di bawah
  2. Pilih Bulan dan Tahun periode rekening listrik yang dituju
  3. Tekan tombol Cari
Dengan demikian informasi rekening anda akan terproses dan ditampilkan pada form info pelanggan berrupa nomor rekening listring dan nama pemilik rekening listrik yang dimaksud. Lalu pada form Info Rekening akan tampil jumlah total Rupiah untuk periode rekening yang dimaksud.
Keterangan: Kecepatan akses untuk mendapatkan informasi tagihan linstrik perbulan tergantung dari kecepatan koneksi internet yang anda gunakan!

Cek Tagihan Listrik PLN Online

Cek tagihan listrik via internet terasa semakin memudahkan pelanggan PLN karena kini akses internet telah dapat dinikmati kapan dan di mana saja. Hal ini tidak terlepas dari dukungan gadget modern masa kini yang telah dilengkapi fasilitas canggih ini.

Ada baiknya anda dapat secara teratur mengecek tagihan listrik online anda setiap bulannya, untuk melihat jumlah pemakaian total rupiah. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang jumlah pemakaian KWH, dapat menghubungi loket pembayaran resmi milik PLN sehingga foto meteran dapat diperoleh.

Mengapa hal itu perlu dilakukan? Apabila anda merasa tingkat pemakaian listrik bulanan anda tidak begitu tinggi namun jumlah yang ditagihkan berdasarkan hasil proses form cek tagihan listrik perbulan di atas terlampau besar, maka anda dapat melaukan konfirmasi untuk kebenaran data tagihan berdasarkan hasil foto meter di rumah anda.

Cek Tagihan Listrik Perbulan
Cek Teratur Tagihan Listrik Bulanan Anda


Penyebab Tingginya Jumlah Tagihan Listrik Perbulan

Banyak hal yang dapat menyebabkan tingginya jumlah pemakaian ataupun jumlah nominal tagihan rekening listrik bulanan anda. Seperti misalnya jika status rekening anda dikategorikan sebagai jenis pelanggan industri, tentu saja jumlah perhitungan nominal tagihan akan lebih besar dibandingkan dengan kategori pelanggan rumah tangga.

Juga, ketika terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak - hal ini dapat mempengaruhi perhitungan tarif yang dapat sewaktu-waktu dinaikkan oleh pihak penyedia layanan listik (dalam hal ini PLN). Namun, tentu saja dengan adanya pemberitahuan resmi yang di publikasikan agar diketahui oleh masyarakat pengguna jasa ini.

Faktor lain yang juga mempengaruhi tingginya jumlah tagihan listik bulanan anda adalah lonjakan perhitungan meter yang kerap terjadi karena pemadaman listrik bergilir yang sering kali dilakukan oleh pihak penyedia jasa. Memang benar bahwa hal ini dilakukan adalah dalam rangka perawatan generator listrik yang kemungkinan sudah tidak mampu untuk meng-handle jumlah pemakaian.

Memang betul bahwa perawatan generator listrik sangat diperlukan demi kelangsungan pemakaian dalam jangka waktu panjang. Jika kita perhatikan dinamo listrik yang terus berputar untuk membangkitkan listrik selama lebih dari 24 jam, peralatan ini tentu juga harus dihentikan sejenak untuk kemudian diganti beberapa part yang mulai aus, semua peralatan yang bergerak tentunya akan mengalami hal seperti ini.

Namun, di sisi lain seringkali masyarakat merasa dirugikan dengan adanya pemadaman listrik yang hampir selalu terjadi setiap hari. Pasalnya, beberapa barang elektronik akhirnya rusak karena hal ini. Ditambah lagi kekhawatiran akan lonjakan pembacaan pemakaian pada meter listrik yang dapat terjadi akibat pemadaman ini.

Sebagai alternatif dalam menyikapi permasalahan ini, akhirnya pelanggan yang sangat membutuhkan supply listrik dalam intensitas yang teratur akhirnya merasa perlu untuk menyiapkan genset listrik sebagai sumber daya listrik ketika terjadi pemadaman listrik. Untuk harga genset listrik portabel di pasaran cukup bervariatif, tergantung kapasitas daya, ukuran, dan brand genset yang dimaksud.

Tips Menghemat Biaya Tagihan Rekening Listrik

Lalu bagaimana cara menyikapi tingginya jumlah tagihan listrik perbulan? Dalam hal ini, jika hasil cek tagihan rekening listrik pada loket pembayaran resmi PLN telah terverifikasi dengan bukti foto meter yang jelas menunjukan tingkat pemakaian bulanan anda cukup besar - maka, anda perlu untuk merubah pola kebiasaan anda dalam penggunaan listrik.

Coba perhatikan beberapa peralatan elektronik yang seringkali anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Cermati jumlah daya yang diperlukan dalam penggunaan peralatan elektronik tersebut. Barangkali salah satu dari itu adalah penyebab tingginya jumlah daya pemakaian listrik perbulan anda.

Pertimbangkan untuk menggunakan peralatan elektronik yang lebih hemat dalam konsumsi listrik. Jika di rumah anda menggunakan pendingin udara, sebaiknya gunakan AC hemat listrik. Hal ini merupakan salah satu cara untuk berhemat dalam penggunaan listrik. Memang betul harga AC hemat listrik di pasaran agak lebih mahal dari AC biasa. Namun, akan lebih hemat dari segi penggunaan listrik bulanan anda karena biasanya AC selalu digunakan setiap hari.

ac hemat listrik
Gunakan Lampu Hemat Listrik

Matikan lampu jika tidak digunakan misalnya pada siang hari dan ketika malam hari, juga matikan beberapa lampu ruangan yang tidak digunakan pada malam hari. Anda juga dapat menghemat penggunaan listrik bulanan dengan mengunakan lampu hemat listrik yang kini telah banyak tersedia.

Dalam menggunakan peralatan elektronik di rumah yang sering kali dihidupkan dalam intens yang tinggi, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan stabilizer listrik. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan untuk menjaga umur penggunaan alat elektronik anda agar lebih awet karena penggunaan stabilizer listrik ini berfungsi untuk menstabilkan aliran listrik yang disuplai pada alat elektronik yang anda gunakan.

Beberapa akibat dari tidak digunakannya stabilizer listrik ini pada peralatan elektronik dapat menyebabkan rusaknya komponen dalam dari peralatan elektronik anda akibat arus tegangan yang tidak stabil ketika terjadi pemadaman listrik dari penyedia jasa dalam rangka perawatan generator listrik tadi.

Dengan demikian, setidaknya anda dapat melindungi peralatan elektronik kesayangan anda dari kerusakan dini akibat dari hal pemadaman listrik tadi. Di pasaran, harga stabilizer listrik cukup bervariatif tergantung dari jenis, ukuran serta merknya. Namun secara umum, harga perangkat ini tidak terlalu mahal untuk dimiliki.

Menggunakan Voucher Listrik Prabayar

Selain menggunakan layanan listrik pasca bayar, tersedia juga jasa layana listrik pasca bayar dengan metode deposit voucher layaknya pembelian pulsa telepon gengam. Ini merupakan salah satu produk unggulan PLN sebagai penyedia jasa layanan listrik untuk masyarakat Indonesia.

Pada beberapa daerah, penggunaan meteran listrik voucher menjadi suatu kewajiban bagi pelanggan. Banyak pelanggan yang mengganti meteran dari teknologi analog menjadi digital untuk untuk dapat menggunakan teknologi pulsa prabayar listrik ini. Bisnis penjualan pulsa prabayar listrik pun mulai tumbuh layaknya penjualan pulsa ponsel.

Dengan adanya sistem penggunaan voucher listrik prabayar ini, bisnis pembayaran listrik yang mulai tumbuh pun mulai berinovasi dalam hal penjualan produknya. Beberapa diantaranya dapat kita temui dan dikemas dalam aplikasi smartphone yang memudahkan pelanggan pengguna jasa listrik dalam melukan transaksi pembayaran rekening listrik.

Kini beli voucher listrik tidak hanya dapat dilakukan pada mini-market dalam bentuk fisik, namun metode jual beli voucher listrik yang diperkenalkan adalah menggunakan media smartphone serta dengan pembayaran melalui transver rekening langsung dari handphone atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dengan semakin banyaknya layanan bisnis pembayaran listrik saat ini yang menjual voucher listrik prabayar dalam harga beli pulsa murah dan bervariatif membuat anda lebih mudah dalam mendapatkan voucher listrik pulsa ini. Ketika jumlah pulsa listrik mendekati status habis, anda dapat membeli voucher dan mengisi kode voucher PLN token online yang diperoleh.

Demikian infromasi singkat tentang Cara Cek Tagihan Listrik Perbulan serta Tips Menghemat Pemakaian Listrik Bulanan yang sekiranya dapat berguna sebagai tambahan informasi untuk anda dalam hal menggunakan listrik secara bijak dalam kehidupan sehari-hari.

6 Comments

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

  1. Kalau saya dikabari lewat email...
    Karena sebelumya saya meminta tagihan untuk dikirimkan via email...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, PLN juga menyediakan fasilitas informasi tagihan via email yang dikirim setiap bulannya. Untuk pendaftarannya juga sama, lewat form pada bagian cetak invoice. Saya pun menggunakan fasilitas ini

      Delete
  2. Servernya error terus, foto meter pemakaian KWH juga gak pernah diberitahu sama pencatat meternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya pihak PLN perlu memprbaiki kwalitas layanan mereka

      Delete
Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form