Tips Memilih dan Membeli Kulkas Baru

Sabtu pagi di awal bulan Oktober saya mempersiapkan bebarapa hal yang diperlukan untuk bergegas ke toko penjualan alat-alat elektronik terdekat di daerah Abepura. Beberapa hari sebelumnya saya sempat mampir di sana untuk melihat beberapa koleksi kulkas terbaru mereka dengan berbagai merek dan keunggulannya masing-masing.

Pagi itu saya pun bergegas menuju toko Jaya Elektronik yang berada tak jauh dari tempat tinggal saya. Setelah hampir satu jam lebih melihat-lihat dan mempertimbangkan dari berbagai sisi keungugulan dari tiap produk yang ada di sana, pilihan hati jatuh pada merk Sharp dengan ukuran sedang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas ruangan yang nantinya akan saya gunakan untuk menempatkan kulkas tersebut.

Tips Membeli Kulkas
Gambar Tips Memilih Kulkas - Isi Penuh Kulkas Anda

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Kulkas Baru?

Berikut ini saya rangkum beberapa point sederhana yang saya gunakan sebagai tips memilih kulkas agar sesuai dengan keinginan

  1. Merk - Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah brand, mengapa demikian? Tentunya anda akan kecewa jika membeli barang dengan brand atau merk yang asing atau baru saja muncul tanpa punya record sebelumnya. Apalagi jika brand baru itu belum perna digunakan sebelumnya dan belum jelas garansi serta tempat servicenya.
  2. Harga Kulkas - Berkaitan dengan point (1) sebelumnya, pertimbangkan juga kemempuan keuangan anda dalam membeli kulkas baru yang anda inginkan. Yang murah dan bagus interiornya belum tentu bagus untuk pemakaian jangka panjang. Seringkali kita dengarkan istilah Ada harga, ada kwalitas. Hal itu perlu juga menjadi pertimbangan anda.
  3. Kebutuhan - Sesuaikan ukuran dan fitur kulkas yang hendak anda beli dengan kebutuhan anda. Apabila anda hanya tinggal sendiri dengan aktivitas padat yang jsering meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sebaiknya belilah kulkas dengan ukuran yang sedang untuk menampung makanan jadi dalam jumlah sedikit. Apabila anda hendak membeli kulkas untuk kebutuhan keluarga (beberapa orang), kulkas ukuran besar patut untuk menjadi pulihan anda agar nantinya mampu untuk menampung banyak barang di dalamnya.
  4. Daya Listrik - Berkaitan dengan point (3) sebelumnya, pilihlah kulkas yang hemat lisrik agar tidak terlalu menambah beban listrik dan belanja bulanan anda. Selain itu, jangan biasakan ruang kulkas kosong sehingga meningkatkan proses kerja mesin untuk mengisi kekosongan area dengan udara dingin, hal ini juga yang menyebebkan borosnya listrik akibat kinerja kulkas. Jadi, sebaiknya isikan dengan beberapa botol air agar ruang kulkas jangan dibiarkan kosong.
  5. Interior - Pilihlah kulkas yang memiliki bahan interior yang kuat. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan kulkas dengan bahan rak kaca dibandingkan plastik fiber yang tipis. Rata-rata kulkas sekarang menggunakan bahan plastik fiber yang tipis untuk menghemat biaya produksi sehingga harganya hampir sama dengan kulkas berbahan rak kaca. Dari sisi ketahanan, tentunya bahan kaca lebih kuat dalam menampung barang atau bahan makanan dengan berat yang lebih dibangingkan plastik fiber yang tipis tadi.
  6. Jumlah Pintu - Sebaiknya membeli kulkas satu pintu, dua pintu, tiga pintu atau berapa pintu? Semua itu kembali kepada kebutuhan anda. Beberapa orang menyarankan agar membeli kulkas dua pintu agar ketika menempatkan daging pada box pembeku, aroma daging tidak sampai menyebar ke makanan lain. Memang hal itu baik, namun apakah semua orang akan menyimpan daging mentah di kulkas? Jika fungsi kulkas hanyalah sebagai penyimpan makanan jadi, buah dan sayuran - sebaiknya gunakan saja kulkas satu pintu karena lebih menghemat daya listrik dibandingkan kulkas dua pintu.
  7. Bunga Es - Rata-rata kulkas sekarang sudah menggunakan teknologi pembeku tanpa bunga es. Apabila anda hendak membeli kulkas seperti ini, ada baiknya memilih kulkas yang dilengkapi dengan teknologi inverter agar ketika terjadi pemadaman listrik (PLN), kulkas masih tetap hidup dalam beberapa jam. Hal ini untuk menjaga agar mekanan yang ditaruh pada ruang pembeku tetap aman dari kerusakan. Jika tidak, anda dapat tetap memilih kulkas dengan sistem pembekuan bunga es, agar ruang beku tetap dingin ber-es meski terjadi pemadaman listrik sehingga makanan dapat tetap awet. Kecuali jika anda menggunakan sumber listrik sendiri selain PLN, maka point ini dapat diabaikan.

Itulah beberapa tips membeli kulkas yang dapat saya bagikan kali ini, hal ini juga yang mendasari saya dalam membeli kulkas baru agar sesuai dengan keinginan, tetunya mubasir jika anda membeli sesuatu yang mewah dan lengkap namun tidak digunakan secara maksimal sebaliknya juga sangat disayangkan jika anda membeli sesuatu yang sederhana namun kebutuhan anda nantinya tidak mampu dicukupi oleh barang yang anda beli saat ini. Apabila anda memiliki beberapa tips lainnya terkait dengan hal ini, dapat ditambahkan dalam kolom komentar yang tersedia di akhir tulisan ini.

Post a Comment

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form