Belajar MySQL Cara Paling Praktis Membatasi Jumlah Tampilan Data...

Turorial Belajar MySQL Membatasi Jumlah Tampilan Data - Pembatasan tampilan data pada MySQL dibutuhkan pada banyak kasus, metode ini paling sering digunakan oleh para web master dalam pembuatan web untuk mendesain tampilan list data dalam jumlah banyak yang dibagi-bagi perhalaman. Contoh sederhana adalah ketika anda membuka akun email anda, nampak list email diurutkan berdasarkan tanggal masuknya surat dan biasanya dibatasi 100 (seratus) surat per halaman. Jika anda hendak membaca surat di halaman berikutnya, ada tombol atau link yang tersedia di sudut kanan bawah untuk menampilkan 100 surat berikutnya. Nah kita akan belajar metode dasar tentang pembatasan jumlah tampilan serta pengurutan data pada MySQL.
belajar mysql

Belajar MySQL: Contoh Kasus penggunaan SQL

Beberapa waktu yang lalu saya sempat browsing dan mendapati salah satu permasalahan yang disampaikan oleh pengguna SQL yang binggung untuk menggunakan perintah yang tepat untuk menampilkan data dari tabel mereka dengan jumlah terbatas dan diurutkan berdasarkan satu field tertentu. Berikut ini cuplikan pertanyaan yang disampaikan;
SQL Problem. Please help.?
Saya punya tabel contohnya kayak gini
NoNamaNilai
1Abe8,6
2Cece7,8
3Hans7,6
4Bret7,0
5Lim7,0
6Jo7,0
Saya mau ambil 4 data aja dengan perintah SELECT TOP 4 FROM tnilai ORDER BY nilai DESC. Masalahnya datanya muncul 6 karena data no 5 dan 6 nilainya sama kayak no 4. Gimana ya cara ngakalinya supaya data yang diambil tetep 4 dan yg nomor 5&6 diabaikan. Katanya sih klo pke ORDER BY berdasarkan nilai/angka emang gtu. Klo nilai sama ya dimunculin semua. Ada ga cara ngakalinnya?? TIA.
Sumber: https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20150503210422AASWMJ0

Belajar MySQL: Penyelesaian Contoh Kasus dengan MySQL

Berdasarkan contoh kasus diatas, kemungkinan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan query yang dimaksud adalah MySQL Server milik Microsoft. Mengapa demikian? Karena terlihat adanya penggunana fungsi dasar query yang digunakan untuk menampilkan data secara terbatas adalah fungsi TOP. Nah, dalam penerapanya pada MySQL kita akan gunakan fungsi MySQL dasar yang mirip dengan fungsi TOP milik SQL Server, yakni fungsi LIMIT. Bagaimana cara menggunaannya?

Dari query pada kasus diatas yakni SELECT TOP 4 FROM tnilai ORDER BY nilai DESC, record yang hendak ditampilkan hanya berjumlah 4 dengan sistem Order secara Descended atau diurutkan dari jumlah terbesar hingga terkecil berdasarkan nilai pada field Nilai. Maka, query MySQL yang tepat dingunakan untuk kasus ini adalah:
SELECT * FROM tnilai ORDER BY nilai DESC LIMIT 4;
Hasil yang tampil dari running query padat MySQL adalah sebagai berikut:
belajar mysql


Demikian tutorial singkat Belajar MySQL Cara Membatasi Tampilan Data berdasarkan contoh kasus yang ditemui. Baca tutorial menarik lainnya tentang:

1 Comments

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form