Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Internet (Wifi)...

Ini adalah sebuah trik yang saya lakukan untuk menjadikan laptop sebagai hotspot wifi dengan berbagi koneksi interet dari modem GSM saya, kali ini saya akan bagikan kepada anda siapa tau bermanfaat pada situasi tertentu. Kita tahu bahwa mulai dari versi android ICS, anda telah bisa membuat mobile phone android anda menjadi modem hotspot dengan fasilitas berbagi koneksi internet. Namun, tahukah anda laptop/pc dapat juga dijadikan sebagai wifi hotspot?

Pada wireless di windows telah tersedia fitur standar untuk menjadikan laptop sebagai wifi hotspot, namun kebanyakan fitur ini hanya digunakan untuk koneksi host to host antar perangkat computer. Jadi, untuk membagi koneksi internet laptop sebgai wifi, saya akan menggunakan aplikasi tambahan yang sangat mudah pengaturannya.
menjadikan laptop sebagai hotspot
Sekarang saya akan memberikan langkah-langkah sederhana tentang bagaimana membagi koneksi internet dari laptop atau komputer ke mobile phone yang memiliki fitur wireless receiver. Pada contoh kali ini saya menggunakan mobile phone berbasis android dengan fitur wireless standard serta sebuah laptop dengan system operasi windows yang terhubung ke internet dengan koneksi modem USB. Hal yang perlu disiapkan adalah, aplikasi pembuat hotspot yang harus dipasang pada laptop, dalam hal ini saya menggunakan aplikasi Connectify yang dapat diunduh secara gratis melalui situs resmi Connectify.
laptop sebagai hotspot
Setelah download dan install, jalankan aplikasi Connectify lalu masukkan Hotspot Name (standard: connectify-me) yang akan terdeteksi sebagai nama hotspot, masukkan password untuk login hotspot lalu pilih koneksi yang hendak dibagi pada bagian Internet to Share, tekan Start Hotspot untuk memulai hotspot.
laptop sebagai hotspot
-Hidupkan fitur wifi pada handphone;
-Lakukan scan untuk menemukan hotspot dalam jangkauan;
-Konek ke hotspot yang telah muncul sesuai dengan nama yang terdaftar tadi (connectify-me);
-Masukkan password sesuai dengan password sebelumnya pada saat pengaktifan hotspot di laptop tadi.

Sekarang setelah berhasil menjadikan laptop sebagai hotspot wifi, anda dapat berselancar dari mobile phone atau laptop lain yang terkoneksi dengan wifi.

Post a Comment

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form