Cara Mudah Membuat File PDF

Sebelumnya, untuk membuat file PDF (Portable Document Format) diperlukan editor khusus sebagai prosesnya. Kini melakukan hal ini terasa jauh lebih mudah, bahkan semudah mencetak dokumen. Salah satu tool yang powerful dalam membuat file ber-tipe ini akan saya bagikan di sini.
Proses membuatnya pun mudah, bahkan dengan editor sekelas Notepad di windows pun, anda sudah siap membuat file ber-tipe PDF. Aplikasi ini bernama Go2PDF, anda hanya perlu menginstal-nya dan secara otomatis aplikasi ini akan menambahkan virtual printer pada periferal di sistem anda.


Langkah-langkah menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
1. Download aplikasi Go2PDF (size: 634Kb)
2. Setelah download, extract file zip lalu jalan-kan file setup-nya untuk memulai proses instalasi
3. Setelah proses instalasi selesai, buka salah satu dokumen anda, misalnya dokumen Word (MS Office). Cetak dokumen anda tadi namun pada opsi printer, pilih-lah virtual PDF Printer. Klik tombol Print untuk mencetak.
4. Muncul kotak dialog Save As, pilih lokasi penyimpanana data (misalnya My Documents) lalu tuliskan nama file yang hendak anda simpan. Klik Save.
5. Bukalah folder lokasi penyimpanan data anda tadi, file PDF anda telah tersimpan di sana.

Untuk membuka file tersebut, tentunya anda membutuhkan aplikasi PDF Reader seperti Foxit ataupun Adobe PDF Reader, dan lain sebagainya.

Post a Comment

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form