MySQL - Membuat Tabel

Melanjutkan tulisan saya yang lalu mengenai cara membuat database di MySQL, saat ini akan saya paparkan langkah-langkah pembuatan tabel sebagai media penyimpan data dalam database.


Satu database dapat memiliki (memuat) lebih dari 1 tabel yang biasanya saling berhubungan (ber-relasi). Lebih jauh tentang relasi antar tabel akan di-bahas dalam artikel berikutnya.

Sebelum membuat tabel, pastikan dulu database tersebut telah aktif. Caranya dengan menggunakan syntax USE. Contoh, kita akan menggunakan database dari artikel sebelumnya yakni db_bukutamu. Maka perintahnya adalah USE belajar; Tekan <enter> untuk mengeksekusi perintah.

Sama seperti aturan dalam penamaan database, hal itu-pun berlaku dalam penamaan tabel. Untuk membuat tabel, perlu di-pahami syntax dan aturan-aturan-nya. Namun untuk lebih mudahnya, kita langusung saja membuat tabel sederhana dengan nama bukutamu. Perintahnya adalah sebagai berikut:
CREATE TABLE bukutamu (nomor INT AUTO_INCREMENT UNIQUE PRIMARY KEY NOT NULL, nama CHAR(50) NOT NULL, email CHAR(50) NOT NULL, komentar TEXT);
Tekan <enter> untuk mengeksekusi perintah
Lalu untuk menampilkan penjelasan tentang tabel yang telah jadi tadi, digunakan perintah DESCRIBE bukutam; Tekan <enter> untuk mengeksekusi perintah

Sampai tahap ini, database "belajar" telah memiliki se-buah tabel untuk menyimpan data yakni tabel "bukutamu".

1 Comments

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

  1. sip..mkasih bwt kunjungan & link-nya,,sngat brmanfaat :)

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form