MySQL - Membuat Database

Cara Membuat Database MySQL - Perintah dalam membuat database di MySQL sangat sederhana, namun perlu di-perhatikan juga aturan-aturan dasar dalam penamaan-nya.

Syntax-nya adalah CREATE DATABASE namadatabase; Sebagai contoh, untuk membuat database dengan nama "belajar", printahnya adalah CREATE DATABASE belajar; Lalu <enter> untuk mengeksekusi perintah.

Jika anda menggunakan sistem operasi windows, pastikan anda telah mendaftarkan alamat tempat diinstallnya aplikasi MySQL dalam daftar variable PATH di pengaturan system komputer anda. Dapat dilihat dengan menekan tombol windows+pausebreak.

Jika anda menggunakan aplkasi bundle XAMPP maka direktori default tempat MySQL terinstall biasanya di C:\XAMPP\MySQL\bin. Copy-kan alamat direktori tersebut lalu salin pada variable PATH tadi. Dengan demikian anda dapat menjalankan aplikasi MySQL langsung dari Command Prompt dengan mengetikkan perintah mysql -u root (dengan asumsi user root tidak menggunakan password).

Jika anda menggunakan sistem operasi linux, biasanya aplikasi MySQL sudah langsung terdaftar pada direktori bin jadi dapat langsung di panggil melalui Bash program dengan mengetik perintah yang sama seperti di windows tadi.

Selain cara di atas, anda juga dapat menjalankan perintah tanpa melalui Command Prompt atau Bash Program. Namun, anda dapat menjalankan pertintah SQL tadi melalui tools bawaan pada saat menginstall XAMPP, yang bernama PHPMyAdmin. Anda dapat mengakses tool ini melalui browser dengan mengetikkan alamat http://localhost/phpmyadmin.

Sampai di-sini anda telah berhasil membuat sebuah database dengan nama "belajar". Tentunya database di-buat untuk menyimpan data. Namun pada tahap ini, proses itu belum dapat dilakukan karena database belum memiliki tabel.

Lalu bagaimana membuat tabel dalam database? Anda dapat menyimak-nya pada tulisan tentang Membuat Tabel

Post a Comment

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form