Cara tau versi PHP

Cara Tau Versi PHP Terinstal - Untuk menampilkan versi PHP yang terpasang sebagai modul di web server, dapat digunakan perintah atau fungsi phpinfo(). Contoh script-nya adalah sebagai berikut:

<HTML>
<head>Informasi PHP</head>
<body>
<?
echo phpinfo();
?>
</body>
</HTML>

Buka Text Editor seperti Gedit di Linux atau Notepad di Windows, lalu copy dan salin script PHP di atas tadi. Simpan dengan nama index.php pada folder/ direktori running web server.

Direktori running web server pada windows biasanya berada pada alamat C:\XAMPP\htdocs. Sedangkan untuk Linux biasanya berada pada alamat /var/www/html. Pada Linux, untuk menyimpan file ini pastikan anda memiliki hak akses sebagai root agar dapat memodifikasi direktori sistem Linux.

Karena file tadi anda letakkan pada direktori root web server dengan nama file index.php, maka untuk menjalankannya cukup ketikkan alamat web server lokal anda yakni: http://localhost/. Ketika alamat tadi diketikkan pada web browser, hasilnya adalah sebagai berikut:


Demikian informasi singkat tentang cara mengetahui versi PHP yang terinstal di komputer anda. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Post a Comment

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

Previous Post Next Post

TopMenu

Contact Form